Mengganti Port Apache dan MySQL XAMPP pada Server


Tutorial | Artikel ini merupakan salah satu cara imana kita menguakan atau ingin menginstal dua (2) Web service dalam satu server (bukan beda VPS).  Disini kita perlu mengubah setiap port yang terdapat xampp yang kita gunakan sebagai web service.

Metode ini biasa dilakukan oleh seorang programing adalah mengakali aplikasi yang digunakan menggunakan versi PHP yang berbeda seperti sitem lama yang menggunakan versi PHP versi 4 / 5 namun sistem yang baru menggunakan PHP Versi 7. Nah disini kita misalkan kita menggunakan MariaDB untuk web service yang barunya.

Ini adalah cara melakukan setting untk membedakan port pada web service XAMPP.

#Mengubah Port Apache

Menggantikan port pada apache XAMPP tidak dapat dilakukan langsung dari XAMPP Control Panel, ini adalah alasannya kenapa tidak bisa kita laukan pada XAMPP Contol Panel.

Pada apache terdapat dua port yaitu HTTP dan SSL, adpun port defaul pada HTTP menggunakan nilai port 80 sedangkan port defaul SSL adalah 443. Pada saat menjalankan module apache secara outomatis (defaul) akan menjalakan kedua modul tersebut. Inilah yang terjadi jika kita menjalankan da apache dalam satu server.

Kita akan mengubah HTTP dan SSl pada salah satu web service lainya agar ditak mengalami bentrok. Jika kita tidak merubah salah satunya akan mengalami Error.

#Mengubah Port HTTP apache
Pilih terlebih dahulu web service mana yang akan kita rubah port HTTP dan SSL nya. Didalam direktori XAMPP kita dapat membuka file http.conf ini adalah konfigurasi http apache yang terletak pada :



C:\xampp\apache\conf\http.conf
//rubah listen 80 dan ServerName localhost:80 menjadi Localhost:100
//rubah port sesuai yang anda inginkan dan kecocokan dalam web service anda
//Simpan perubahan 


#Mengubah Port SSL apache
File konfigurasi ini juga harus anda rubah jika telah merubah port HTTP.file SSL ini adalah http-ssl.config yang biasanya terdapat pada derektori


C:\xampp\apache\conf\extra\http-ssl.conf
//rubah listen 443 dan ServerName localhost:443 menjadi Localhost:445
//rubah port sesuai yang anda inginkan dan kecocokan dalam web service anda
//Simpan perubahan


#Mengubah Port MySQL

Ini adalah langkah terakhir yang ahrus di rubah, yakni merubah port MySQL adapun port defaul MySQL adalah 3306 yang biasaa digunakan kita dalam konfigurasi sistem menggunakan ODBC yang biasaa kta lakukan. Nama file ini adalah my.ini biasa terdapat pada direktori.



C:\xampp\mysql\bin\my.ini
//cari kata yang mengandung port=3306 rubah menjadi 3307 dan sesuaikan 
//Simpan perubahan



Inilah cara merubah port Apache dan MySQL yang baik untuk dapat menjalankan dua (2) Web Servis sekaligus dalam satu server. Anda juga dapat menjalankan kedua sistem aplikasi anda dalam satu server namun yang mengandung dua versi PHP yang berbeda.

Semoga artikel ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan menambah pengetahuan anda kedepanya. Terimakasih.s







Recommend Article × +

OWNER AND CO OF PT. TRANS TECHNO Freelance Web Design and Yii2 Development in ICT STKIP PGRI WEST SUMATRA. While Studying MAGISTER UPI-YPTK Padang,CEO CMS Codepedia, Lives in Padang - Indonesia | WhatsApp : 0853-7516-4491

Related Posts

Update Sesudahnya
« Prev Post
Update Sebelumnya
Next Post »