Mengenal GraphQL dan Fungsinya sebagai Rest APIS



Mungkn kita semua masih bertanya GraphQl itu apa ? GraphQL hampir mirip dengan API namun dengan konsep baru yang membuat kita lebih leluasa untuk mendapatkan data yang kita inginkan.

Memang GraphQL bukan merupakan informasi baru bagi kalangan Developer, namun saat ini GraphQl banyak digunakan oleh oleh kalangan Developer dalam membuat sebuah kueri API maupun sebagai jalan membangun Webservice.

GRAPHQL ?

GraphQL digunakan untuk API dan runtime untuk memenuhi kueri tersebut dengan data yang ada, dengan deskripsi data yang lengkap dan mudah dimengerti, sehinggaclient yang memnginkan Rest API sesuai yang mereka butuhkan.

GraphQL ini merupakan query yang di kembangkan oleh Facebook. Dengan tujuan mempermudah komunikasi data antara backend dengan frontend atau dengan aplikasi mobile, nah mungkin ini dapat kita pahami bersama.

FUNGSI GraphQL

Dapat kita ketahui GraphQL merupakan Data Interface seperti Rest API untuk membangun sebuah Aplikasi menggunakan GraphQL. Seperti kita ketahui membangun form registrasi member menggunakan akun Facebook.

KEGUNAAN GraphQL

  1. Keunggulan GraphQL merupakan Types dan Fiels pada GraphQL memastikan apps hanya meminta data pada akun user dengan files yang diminta pada Rest API.
  2. Pengaruhpada pengembangan API GraphQL dapat memberi aplikasi akses terus menerus ke fitur yang lebih baru tanpamelakukan perubahan pada aplikasi yang kita kembangkan, namun akun user yang di update oleh GraphQl masih dapat digunakan seperti semula.
  3. Keunggulanya tidak sebatas ini, GraphQL bisa berjalan di berbagai macam bahasa pemprograman, mulai dari JavaScript, PHP, C#/.NET, Ruby, Python.


Recommend Article × +

OWNER AND CO OF PT. TRANS TECHNO Freelance Web Design and Yii2 Development in ICT STKIP PGRI WEST SUMATRA. While Studying MAGISTER UPI-YPTK Padang,CEO CMS Codepedia, Lives in Padang - Indonesia | WhatsApp : 0853-7516-4491

Related Posts

Welcome

INI ARTIKEL TERAKHIR KANGPEPE.COM UPDATE

Update Sebelumnya
Next Post »